Ustadz, Apa Hukumnya Jika Lupa Shalat?

Ilustrasi shalat.

Islamisme.org

Tanya:
Setiap hari saya biasa shalat Isya berjamaah sehabis adzan bersama keluarga. Ketika hendak tidur, saya sempat berpikiran “Sudah shalat Isya belum ya,” tetapi karena kebiasaan shalat itu saya ingatnya sudah, padahal ternyata belum. Apa yang harus saya lakukan?

Jawab:
Hadits dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang lupa shalat maka shalatlah ketika ingat. Tidak ada tebusan baginya selain seperti itu.” (HR Bukhori no. 597)

Dalam hadits di atas tegas sekali maknanya bahwa jadwal shalatnya orang yang lupa adalah ketika dia ingat.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, ‘Sesungguhnya Allah telah memaafkan kesalahan-kesalahan umat-Ku yang tidak disengaja karena lupa dan yang dipaksa melakukannya.’” (HR Ibnu Majah, Baihaqi dan lain-lain, hadits hasan serta Ibnu Majah no. 2405)

Yang harus Anda lakukan adalah segera melaksanakan shalat Isya ketika Anda ingat atau saat menyadari bahwa belum shalat dan janganlah menundanya. Misalnya, Anda ingat atau menyadarinya di waktu zhuhur esok hari maka lakukan shalat Isya di waktu zhuhur. Jika Anda menyadarinya setelah Isya esok harinya, maka tidak dianggap terbayar dengan shalat Isya yang Anda kerjakan pada hari ini. Namun, iringilah dengan memohon ampunan Allah atas kelalaian. Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here